1 Tes Awal
Sebelum menjawab tes (awal)isikan identitas responden sebagai berikut :
Tes Awal (Pre Test)
2 Optimalisasi belajar.id
- Setelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :
- Bapak/Ibu berikut daftar tautan sumber belajar untuk materi optimalisasi belajar.id (dengan mengklik yang diberi garis bawah)
- Cara menggunakan akun pembelajaran
- Mengelola email di Gmail
- Mengelola video call di Google Meet
- Mengelola jadwal di Google Calendar
- Membuat papan kolaboratif Google Jamboard
- Mengelola Google Drive
- Membuat kolaborasi dokumen Google Docs
- Membuat kolaborasi presentasi Google Slides
2.1 Untuk menambah pemahaman dan keterampilan Bapak/Ibu silakan mencoba fitur-fitur pada belajar.id di atas
2.2. Refleksi Kurikulum Merdeka
- 1. Mempelajari Materi Pelatihan
- Setelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dan tugas dari bahan yang disediakan berikut ini :
- >> Paparan dan Tugas Refleksi Kurikulum Merdeka
- 2. Ruang Kolaborasi
- Pada sesi ini, kita akan kembali melakukan diskusi dalam kelompok kecil sesuai kelompok pada sesi sebelumnya di asinkronus
- Setiap kelompok akan berdiskusi di dalam ruangan terpisah dengan alokasi waktu 30 menit
- Sebelum berdiskusi silakan Bapak/Ibu bisa mengunduh LK Ruang Kolaborasi pada LMS (Klik di sini untuk mengunduh)
- Setelah berdiskusi masing-masing kelompok akan melakukan presentasi selama 4 menit di ruang utama
- Buatlah karya visual (poster/gambar/bagan/infografis) dalam satu halaman yang menggambarkan bagaimana Bapak/Ibu melakukan adaptasi kurikulum merdeka!
- Apa saja potensi tantangan yang akan dihadapi ketika melakukan adaptasi kurikulum merdeka?
- Apa saja solusi untuk menanggulangi potensi tantangan tersebut?
- Silakan Bapak/Ibu secara perorangan mengunggah hasil diskusi pada bagian di bawah ini :
- Unggah LK Ruang Kolaborasi Refleksi Kurikulum Merdeka
3.Pengembangan Komunitas Belajar
1. Mempelajari Materi Pelatihan
Surat edaran KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :2. Ruang Kolaborasi
- Peserta mengenali kompetensi pada CP sebuah mata pelajaran sesuai MGMP masing-masing
- Peserta menganalisis peran elemen dalam membentuk kompetensi yang akan dicapai dalam sebuah CP
Bersama-sama kelompok MGMP membaca CP mata pelajaran tersebut dengan mengklik link di bawah ini.
→ Capaian PembelajaranPeserta mendiskusikan dan membuat presentasi digital 1-2 halaman berdasarkan pertanyaan:
- Apa kompetensi yang ingin dituju CP mata pelajaran ini?
- Apa saja elemen dalam CP mata pelajaran pada fase yang saya ampu?
- Bagaimana elemen-elemen tersebut membentuk kompetensi yang ingin dituju CP?
- Bagaimana elemen tersebut berperan menentukan proses pembelajaran?
- LK Ruang Kolaborasi dikumpulkan pada bagian di bawah ini :
4. Merancang Pembelajaran 1 (TP dan ATP)
1. Mempelajari Materi Pelatihan
Setelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :2. Ruang Kolaborasi Menentukan TP
- Setiap MGMP sila berlatih dan melakukan proses seperti yang baru kita lakukan secara berkelompok.
- Pilih CP satu mata pelajaran dari fase masing-masing
- Analisis elemen CP (atau kalimat CP) menjadi kompetensi dan ruang lingkup materi
- Rumuskan hasil analisis tersebut menjadi kalimat-kalimat Tujuan Pembelajaran
- Waktu diskusi kelompok: 10 menit.
- Silakan manfaatkan template berikut untuk mendokumentasikan hasil diskusi.
3. Demonstrasi Kontektual Menyusun ATP
- Setiap kelompok akan mendapat set beberapa kalimat Tujuan Pembelajaran dari sebuah mata pelajaran di satu fase
- Tugas setiap kelompok adalah: menyusun kalimat-kalimat TP tersebut menjadi ATP dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan ATP.
- Silakan memanfaatkan template LK menyusun ATP berikut (terbuka untuk penyesuaian tampilan dan konten) untuk mendokumentasikan hasil diskusi kelompok.
- (durasi: 25 menit)
5. Koneksi Antar Materi
Pemerintah telah menyiapkan dokumen Alur Tujuan Pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan.
Pada sesi ini, secara berkelompok Bapak/Ibu akan menganalisis dokumen ATP tersebut.
Berlatih dalam Kelompok
Setiap kelompok silahkan mengunduh 1 dokumen ATP (dari 1 mata pelajaran di salah satu fase) di Platform Merdeka Mengajar. Bapak dan Ibu dapat memanfaatkan tautan yang ada di LMS, atau tautan berikut:
→ Capaian Pembelajaran
Tugas kelompok adalah menganalisis dokumen ATP tersebut, dan menuangkan hasil analisis/diskusinya ke dalam LK.Dari dokumen ATP yang didapatkan, silahkan diskusikan bersama kelompok beberapa hal berikut:
- Apakah rangkaian alur dalam dokumen tersebut kontekstual untuk diterapkan di satuan pendidikan Anda?
- Adakah hal yang ingin dirubah / dimodifikasi dari dokumen ATP tersebut?
- Hal apa yang perlu disiapkan / diketahui bila ingin menggunakan susunan rangkaian seperti dalam dokumen tersebut?
- Hal-hal lain yang didiskusikan..
Mengunggah LK Hasil Analisis ATP :
6 Merancang Pembelajaran #2 (Modul Ajar)
3. Ruang Kolaborasi Memodifikasi Modul Ajar
- Bersama teman dalam kelompok, pilihlah salah satu modul ajar yang tersedia pada platform digital dan link modul ajar untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan karakteristik sekolah-masing-masing.
- Sesuaikan rancangan kegiatan dengan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian/asesmen yang tepat dari modul ajar yang dimodifikasi tersebut.
- Pilihlah bahan ajar yang relevan dengan modul ajar yang dikembangkan.
- Setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusi.
- Unggah modul ajar yang telah dibuat
5. Demonstrasi Kontekstual Memodifikasi Modul Ajar
Sesi Tugas Individual
- Pilihlah salah satu modul ajar pada platform digital dan link yang telah disediakan, kemudian analisis tujuan pembelajaran, aktivitas/Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan asesmen yang sesuai dari modul ajar yang telah dimodifikasi sesuai karakteristik, kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing!
- Unggah modul ajar yang telah dibuat
6. Rencana Aksi Nyata Memodifikasi Modul Ajar
- Buatlah rencana terkait ide perancangan perencanaan pembelajaran melalui modifikasi modul ajar yang nanti akan dilakukan di sekolah penggerak!
- Unggah dokumen rencana aksi nyata tersebut!
- contoh
Post a Comment